Breaking News
Selasa, 07/12/2021

LATIH KEMANDIRIAN, PRAMUKA IKUTI GEPRAK KWARRAN KARAWACI

BANTENSIBER.COM – Puluhan peserta didik SDN Karawaci Baru 1 turut meramaikan kegiatan gerakan pramuka (geprak) yang digelar dihalaman kantor kecamatan karawaci sabtu pekan lalu. Menurut Enung Komariah Kepala SDN Karawaci Baru 1, dirinya sengaja melibatkan siswanya agar dapat lebih berdaya saing tinggi dan mandiri dikemudian hari.

“sekaligus pembelajaran luar ruang,”kata Enung kepada wartawan senin (5/8) kemarin.

Ia mengaku kegiatan Pramuka disekolahnya adalah salashatu kegiatan ekstrakulikuler yang cukup diminati lantaran dinilai mampu melatih disiplin dan kreatifitas siswa oleh para orangtua siswa.

 

Pada kegiatan Pramuka, Kata Enung terdapat banyak jenis aktivitas yang mendidik seperti memecahkan sandi, bermain jelajah, lintasan tali, melewati gorong-gorong, flying fox, dan sebagainya. Kegiatan-kegiatan ini bermanfaat baik untuk perkembangan fisik anak dan remaja dalam bentuk olahraga, maupun perkembangan mental. Sebab Pramuka banyak melibatkan aktivitas yang memerlukan daya ingat, daya pikir, serta penentuan strategi. Pada aktivitas memcahkan sandi, misalnya, anak dapat melatih kemampuan otak dan daya pikir untuk mengingat sandi.

“Pramuka juga berperan penting dalam upaya pembinaan karakter generasi muda bangsa,” tukasnya

Ia menilai dari aktivitas-aktivitas yang ada pada kegiatan ini, kepribadian anak dapat dibentuk. Kegiatan Pramuka mendidik anak-anak untuk memiliki sifat disiplin, tangguh, berani, bersimpati, dan saling menolong. Karena harus menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitar dan alam, anak dan remaja juga dibimbing agar menjadi mandiri.

“Saat berkemah, misalnya, anak berlatih untuk melakukan aktivitas sehari-hari tanpa bantuan dari orangtua atau teknologi, sehingga pribadi yang mandiri pun terbentuk. Selain itu, berkemah juga melatih mereka untuk berbaur dan bekerja sama dengan teman-temannya, serta meningkatkan survival skills dan kemampuan beradaptasi dengan lingkungan sekitar,”jelas Enung

Ia menambahkan, Pramuka dapat membangun kepribadian individu dengan aktivitas-aktivitas yang menarik dan seru, agar proses pembelajaran yang dijalani tidak terasa berat bagi anak dan remaja. Dengan mengikuti kegiatan Pramuka.

“Diharapkan anak dapat menjadi mawas diri dan memiliki kepercayaan diri yang baik untuk menjadi pemimpin pada masa mendatang,” jelasnya.(cng/dam)

 Sumber https://bantensiber.com/2019/08/06/latih-kemandirian-siswa-sdn-kabar-1-turut-ramaikan-geprak/