Breaking News
Jumat, 28/01/2022

JAMBORE RANTING CIBODAS DAN JAMBORE RANTING CIPONDOH KWARTIR CABANG KOTA TANGERANG TAHUN 2015

anggota pramuka gugus depan (gudep) yang berpangkalan di SD/MI, SMP/MTs se Kecamatan Cipondoh dan Cibodas ikuti Jambore Ranting.  Acara dilaksanakan di 2 tempat yang berbeda, untuk lokasi jambore ranting cipondoh berada di lapangan dongkal kelurahan cipondoh makmur kecamatan cipondoh kota tangerang sedangkan jambore ranting cibodas dilaksanakan di lapangan bola palem semi kelurahan panunggangan barat kecamatan cibodas kota tangerang.

Selama berkemah, mendapatkan pembelajaran hidup bermasyarakat yang dikemas dalam bentuk miniatur pemerintahan ditingkat RT, RW, Kelurahan hingga Kecamatan

"Anak-anak usia penggalang, kita tuntun untuk bisa hidup bermasyarakat bersama teman-teman sebaya mereka," ujar Ketua Kwartir Cabang Kota Tangerang Drs. H. Engkos Zarkasyi A, M.S.i disela sela kegiatan kunjungan di 2 tempat kegiatan kemarin.

Berbagai kegiatan seperti peningkatan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, kecinta terhadap sesama, bela negara, permainan, seni budaya, hingga ketangkasan.

"Kita berusaha mendidik mereka menjadi keluarga masyarakat yang rukun dan saling bergotong royong," ujar Engkos.

Pihaknya menaruh harapan besar kepada Pramuka untuk menyelamatkan generasi muda dari berbagai bahaya perkembangan zaman yang penuh dengan tantangan. Ia percaya kalau pramuka mampu menyelamatkan generasi muda Indonesia dengan berbagai kegiatan yang positif.

Sadar atau tidak, lanjutnya, ekses negatif globalisasi, narkoba, pergaulan bebas, dan berbagai tantangan lainnya masih mengancam kehidupan anak-anak muda. Sehingga generasi muda wajib diselamatkan dengan menggiatkan lagi ekstrakurikuler pramuka di sekolah-sekolah dan gudep teritorial di pedesaan.

"Saya yakin, dengan kegiatan positif yang digelar pramuka, mampu menyelamatkan generasi muda dari ambang kehancuran," jelasnya. Kepada para pembina, Engkos mengajak untuk terus melakukan inovasi kegiatan sehingga tidak menjemukan.

Ia mengakui jika perkembangan pramuka kembali menunjukan geliatnya setelah revitalisasi gerakan pramuka dan terbitnya undang-undang nomor 12 tahun 2010 tentang GerakanPramuka. (*)